10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Vendor Souvenir Perusahaan
Memilih souvenir perusahaan terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah perusahaan. Seringkali hal tersebut menjadi tanggung jawab dari tim pengadaan (procurement), ataupun dari tim brand dan marketing sebagai user-nya.

Banyak penyedia souvenir perusahaan, yang kadang juga disebut dengan souvenir promosi atau corporate gift, yang beroperasi di Indonesia. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih vendor souvenir perusahaan yang akan diajak bekerjasama.
1. Kualitas Produk
Souvenir yang berkualitas tinggi dan tahan lama akan meninggalkan kesan yang baik pada orang-orang yang menerima souvenir tersebut. Terlebih lagi jika souvenir tersebut adalah barang-barang yang dapat digunakan sehari-hari, seperti power bank, pouch, kaos, dan lain sebagainya.
2. Opsi Personalisasi
Kemampuan untuk menawarkan souvenir yang dipersonalisasi sesuai dengan branding dan pesan perusahaan menjadi hal yang penting untuk memastikan penerima souvenir terpapar dengan branding dari perusahaan Anda.
3. Desain Inovatif
Reputasi dalam menyediakan desain yang unik dan inovatif yang menonjol dari hadiah korporat lain, apalagi dari kompetitor yang bergerak di bidang yang sama.
4. Variasi Pilihan Souvenir Perusahaan
Beragam produk untuk dipilih, memungkinkan perusahaan menemukan souvenir yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi perusahaan Anda.
5. Harga yang Kompetitif
Struktur harga yang kompetitif dan transparan, dengan tetap mengedepankan kualitas. Vendor souvenir promosi yang berpengalaman umumnya memiliki struktur harga dimana semakin banyak kuantitas barang yang diproduksi, semakin murah harganya.
6. Keandalan dan Pengiriman Tepat Waktu
Rekam jejak yang konsisten dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti kesesuaian hasil produksi dan ketepatan waktu pengiriman, agar Anda selaku pemilik acara atau event dapat tenang dan memastikan bahwa souvenir siap untuk kegiatan penting perusahaan Anda.
7. Pelayanan Pelanggan yang Unggul
Pelayanan pelanggan yang responsif dan membantu, membimbing klien selama proses pemesanan dan menanggapi setiap kekhawatiran dengan cepat.
8. Ulasan Positif dan Reputasi
Testimoni positif dan ulasan dari klien sebelumnya, menunjukkan sejarah kepuasan pelanggan dan kolaborasi yang sukses.
9. Kemudahan Pemesanan dan Kepuasan Pelanggan
Proses pemesanan yang mudah digunakan, komunikasi yang jelas, dan logistik yang efisien sehingga mudah bagi perusahaan untuk bekerja sama dengan penyedia souvenir.
10. Termin Pembayaran sesuai Kebijakan Perusahaan
Setiap perusahaan memiliki aturan dan kebijakan mengenai termin pembayaran kepada vendor atau supplier. Pastikan calon rekanan penyedia souvenir perusahaan Anda dapat memberikan layanan sesuai kebijakan termin pembayaran Anda, agar arus kas (cashflow) perusahaan Anda juga tetap terjaga.